Komponen-komponen Kepribadian dan Kebebasan Manusia

Komponen Kepribadian manusia bisa diringkaskan sebagai berikut; 1) Kita punya Disposisi-disposisi  fisiologis yang berasal dari keturunan (heriditas). Misalnya ukuran jantung, kepala, dan organ-organ lainnya. Ini mengindikasikan secara ‘potensial’ akan memiliki perbedaan antara satu orang dengan orang yang lain. Jadi ada kemungkinan kita bisa mengatakan bahwa sejak lahir kita berbeda secara ‘potensial’.  2) Lalu disposisi-disposisi itu mengalami pembentukan cetak biru (yang akhirnya menjadi semacam cetakan ‘jadi’) dikarenakan perkembangan-perkembangan awl pertumbuhan (sewaktu masih anak-anak). Disinilah mengapa pendidikan dasar (PAUD, TK, SD) menjadi sangat-sangat penting. Sekali lagi itu masih tetap ‘potensi’ walaupun potensinya sudah mendekati aktualisasi….tetapi bukan kondisi akhir mereka. 3) Karena pelatihan tertentu, penkondisian tertentu, pendidikan dan stimulus-respon ‘bersyarat’ lainnya saat perkembangan lebih lanjut. Terbentuklah jaring-jaring Respon Bersyarat. Jika Stimulus X, maka respon bisa segala macam kemungkinannya. Tetapi orang-orang ini sudah memiliki ‘batasan tertentu’ dalam kemungkinan respon-responnya. 4) Kebiasaan-kebiasaan Kognitif dan Perceptual. Ini terjadi karena 2 hal diatas (No 2 dan 3). Artinya manusia X memiliki kebiasaan berfikir dan mempersepsi tertentu. Sehingga Respon dari stimulus tertentu….akan dijawab ‘secara umum’ dengan kelompok-kelompok jawaban tertentu.

Bagaimana hubungannya dengan “Kebebasan Kita’? jawabannya, kita bebas tetapi dalam batasan diatas…sebab mustahil (walau bukan mustahil secara filosofis-ontologis), seorang anak Papua yang tidak bisa baca-tulis dan masih menggunakan Koteka, berimagimasi, hayal, mencuri uang dengan membobol ATM lewat hacking Internet. Mengapa ini terjadi? Sebab kebebasan itu memiliki landasan dari kondisi Biologis dan Lingkungan.

About these ads

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Tulisan ini dipublikasikan di Psikologi dan Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s