SEKOLAH POSITIVE : MUNGKINKAH?

SEKOLAH POSITIVE : MUNGKINKAH?

“Discover your royal road to learning, achievement and personal satisfaction.”

Temukan jalan yang mudah dalam belajar, berprestasi dan Kepuasan Pribadi

Dalam sekolah ini hadiah tidak diberikan untuk nilai tertinggi dalam bahasa Inggris atau Matematika. Sebaliknya yang dihargai adalah gabungan (holistic) yang menunjukkan tidak hanya prestasi akademik tapi yang menunjukkan ketekunan, keuletan, organisasi dan kemampuan memecahkan masalah. Langkah yang diupayakan untuk mengenali prestasi akademik, bertujuan untuk memerangi stres yang terkait dengan tingkat kompetisi yang tinggi di sekolah regular (sekolah umum apalagi yang SBI, doble degree curriculum dst).

Kepala sekolah, Meredith Ash, di Sydney Australia (salah satu sekolah yang secara konsisten mengetrapkan ‘sekolah positive’) mengatakan; ada tiga kategori penghargaan yang dirancang untuk mempromosikan keseimbangan yang sehat dalam kehidupan emosional siswa: yaitu Ketahanan (mungkin sekali ini menyangkut AQ seorang siswa), Keterhubungan (Rasa syukur, kebermaknaan dst, menyangkut SQ) dan Inovasi (lebih kearah kreativitas).

Sekolah semestinya berupaya mengajarkan atau mendorong anak berhubungan dengan masyarakat di luar sekolah, kreativitas dan kemampuan untuk mengatasi hambatan belajar.

Semua anak memiliki harapan yang tinggi. Mereka semua ingin mencapai hasil yang sangat-sangat tinggi. Sebagai sebuah sekolah, kita perlu mencari cara mendukung mereka dengan itu dan dengan kecerdasan emosional mereka (termasuk disini AQ dan SQ). Siswa perlu didorong untuk menggali dan mengambil risiko “belajar”. Siswa perlu didorong untuk meningkatkan dan mencapai hasil terbaik mereka dan saling membantu, bukan hanya bersaing.

Kita tidak harus mengalahkan orang lain untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan kita. Ini bukan khas diri kita aslinya. Mereka (para siswa) dapat saling membantu dan mencapai sukses dan target mereka masing-masing.

Sebuah studi yang dilakukan oleh university of Sydney dan didanai oleh afiliasi Harvard University dan University medical school, Institute of Coaching at McLean Hospital in Boston, Massachusetts. Dilakukan oleh, Suzy Green dari University Psychology Sydney mengatakan; pendekatan psikologi positif lebih efektif dalam mengurangi kecemasan siswa, stres dan depresi dan meningkatkan rasa kesejahteraan. Salah satu program yang difokuskan pada siswa adalah menetapkan tujuan pribadi sekaligus tujuan akademiknya. Kelompok lain diupayakan untuk kindness (memiliki rasa kebaikan), forgiveness (pengampunan) dan gratitude (rasa syukur, kepuasan dan terimakasih).

Inilah konsep Positive Education, yang mengambil konsep teorinya dari Psikologi Postive, dimana pendidikan berupaya mengantarkan anak tidak hanya sukses (achievable, seperti pandai matematika, b. inggris, diterima di perguruan tinggi ternama dst), tetapi juga Bahagia (Well-being, seperti. Rasa syukur, kebermaknaan hidup, kepuasan hidup, Qonaah dst).

Sydney Girls High School di Australia sudah melakukannya, Inggris, Amerika sudah melakukannya, bagaimana dengan kita?

“Kebenaran adalah hikmah yang hilang, ambilah dan temukanlah darimanapun asalnya”.

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Psikologi dan Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s