PENDIDIKAN POSITIF

Martin Seligman E.P: Freud Abad 21, Directur APA (American Psychological Association (APA), Penggagas  Psikologi Positif dan Positif Education dalam salah satu tulisannya di Oxford Review Education: Vol. 35, No 3, Juni 2009, hlm 293-311, “Positive Education: Positive Psychology and Classroom intervention”, mengatakan; Sekarang sangat dibutuhkan PENDIDIKAN POSITIF, sejalan dengan Psikologi Positif. Dimana Psikologi Positif bukan psikologi untuk menyembuhkan tetapi psikologi untuk melihat manusia-manusia unggul.

Pendidikan Positif didefinisikan sebagai pendidikan yang mengajarkan atau bertujuan untuk kedua keterampilan sekaligus yaitu Keterampilan Tradisional (Skill of Acheivement) dan Keterampilan Mencapai Kebahagiaan (Skill of Will-Being). Dalam bahasa buku saya: Belajar Menjadi Sukses dan Bahagia (Diterbitkan Elexmedia-Gramedia, 2011). Mengapa pendidikan dengan konsep dan pendekatan psikology baru ini penting? Sebab Dengan latarbelakang dari 1) Prevalensi yang tinggi di seluruh dunia tentang depresi di kalangan manusia dan nak-nak remaj/muda, 2) Kenaikan yang kecil dalam “Kepuasan Hidup” (Dimana kepandaian, Peningkatan Kekayaan dan gaji tidak disertai secara cukup terhadap Kepuasan Hidup dan Kebahagiaan-nya).

Setelah mencetuskan ini, dengan berbagai dana yang cukup serta studi lintas ilmu dan kebudayaan, diperoleh berbagai bukti yang menunjukkan bahwa: Sinergi antara belajar dan emosi positif  sangat penting dilakukan dan keterampilan untuk kebahagiaan harus diajarkan di sekolah.

Ada bukti-bukti yang substansial dari studi terkontrol bahwa keterampilan yang meningkatkan Ketahanan (hardiness), emosi positif, Keterlibatan dan Kebermakna-an dapat diajarkan kepada anak-anak sekolah, serta menghasilkan hasil yang sangat memuaskan yaitu mereka dapat meraih keduanya: SUKSES (Pandai dan Makmur) dan BAHAGIA (Tentram, tidak tertekan dan Bermakna).

Mestinya Pendidikan Karakter kita mengarah kehal-hal seperti ini, bukan sebuah ‘kelatahan’ karena kebingungan melihat realita karakter peserta didik kita. SMART perlu selalu jadi Paradigma Kita. S= Significat (Jelas Tujuan Pendidikan karakter dalam Dunia sekolah kita sangat-sangat significant). M = Measurable (Terukur, ini yang agaknya masalah dalam Silabus dan RPP pendidikan karakter kita. Sehingga sebagian Diknas-Kabupaten/Kota masih sangat meraba-raba, bagaimana ukurannya yang jelas), A = Achievable (Dapat diraih dan tidak sangat sulit dan sangat mudah. sebab motivasi akan sangat besar ditempat-tempat ini. Zona proxmimal kata Vigotzky). R = Relevant (relevankah guru ditugasi, dibebani seperti itu? Apa manfaatnya buat Murid-guru-sekolah? Jelas sangat relevan walau harus di visualisasikan relevannya itu agar memotivasi), T = Timed (bagaimana ukurannya, kapan dievaluasi, diukur dan mesti jelas waktunya).

Wallahu A’lam. Al Faqir Bi Itnillah La hau la Wala Quwwata Illa Billah

Penulis: Muhammad Alwi, Studi-lanjut di Department of Psychology. Pengarang Buku, “Belajar Menjadi Bahagia dan Sukses Sejati, Penerapan Multiple Intellignece dalam Keluarga, Dunia Pendidikan dan Bisinis”. Elexmedia-Gramedia, 2011. 304 hal.

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Psikologi dan Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s