Belajar Berbasis Topografi Otak dan Multiple intelligence

Belahar Berbasis Topografi Otak, Multiple Intelligence dan Emotional Question & Integrasinya Terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”.

Mengapa kita menangis melihat telenovela, padahal kita tahu itu sebuah acara bohong-bohongan? Mengapa kalau guru killer anak makin tidak bisa? Mengapa kita perlu memperhatikan otak kanan kita? Mengapa banyak anak yang takut bicara didepan kelas? Mengapa emosi sangat penting dalam belajar? Bagaimana mekanisme mempengaruhi daya ingat, penyerapan ilmu dst? Bahkan orang gilapun kemampuannya tentang berenang tidak hilang, sementara ilmu kita yang normal banyak yang hilang? Mengapa suasana kelas harus nyaman? Mengapa pengalaman kita saat kecil ada yang tetap diingat dan ada yang tidak? Bagaimana memanfaatkan kapasitas otak yang katanya mampu menampung 400 trilyun kitab @ 500 halaman? Bagaimana orang seperti Kim Peek bisa hafal 12000 buku, tetapi memakai pakaian dan bersepatu masih harus dibantu orang tuanya? Dalam buku ini kita akan mendapatkan penjelasannya.

Buku ini, “Pembelajaran Berbasis Topografi Otak dengan Basis Multiple Intelligence dan Emotional Question dan Integrasinya terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”. Berintikan bagaimana memanfaatkan temuan-temuan, riset-riset dari neurosain, Topografi otak seperti Otak Tribune (Penggagasnya Paul McLean); yang meliputi; Otak Reptile (Otak Bawah), System Limbic (Otak Tengah) dan Neo-Kortek (Otak Atas) terhadap pembelajaran disekolah dan kelas dengan berusaha,  dengan bahasa yang sangat-sangat difahami guru disekolah. Juga bagaimana topografi system otak Kanan-Kiri (Roger Sperry), dimanfaatkan dalam pembelajaran disekolah dan mengaktifkan bagian-bagian itu. Bagaimana topografi otak mengenai otak emosional (Sistem Limbik dan Prefrontal, dari temuan-temuan ahli neurosain semacam Antonio Damasio dan Joseph LeDeoux), bagaimana memanfaatkan Topografi Otak, ‘Otak Sadar’ dan ‘Otak Tak Sadar’ (Konsep Psikologi Frued, Psikoanalisa yang banyak dipakai di Hipnosis dan penyembuhan, Terapi), dalam upayanya meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan bicara didepan kelas, kemampuannya menghilangkan stress dan takut, fobia dan lain sebagainya (Disini sedikit diberikan contoh- contoh terapinya, khususnya terapi-kognitif). Penggunaan-penggunaan temuan ini, diupayakan sampai tingkat dalam pembelajaran kelas. Dimana untuk Integrasinya masuk diruang kelas (mulai dari Silabus, lesson Plan (RPP), Strategi mengajar, pembuatan soal, evaluasi sampai Supervisi Kepala Sekolah) digunakan dengan Percampuran antara KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang sudah secara umum dikuasai oleh guru-guru dengan metode Multiple Intelligence. Dengan ini maka tingkat penggunaannya akan mudah (karena guru-guru cukup familier) dan acceptabilitasnya tinggi. Diharapkan dengan itu semua maka,  Belajar untuk Menjadi Bahagia dan Sukses Sejatiakan dapat diraih. (Insya Allah akan Terbit Akhir 2011 atau awal 2012).

Penulis : Muhammad Alwi, Human Learning Specialist. Pernah Kuliah di Kedokteran Umum Univ Airlangga Surabaya, Alumini Pasca Sarjana Univ Beawijaya Malang (Human Resource Manajemen), Alumni Univ Negeri Malang, Jurusan Pendidikan dan sekarang sebagai Trainer Pemberdayaan Guru dan Karyawan, mulai dari Belajar Cara Belajar, Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Topogarfi Otak, Effective Communication for Succes Bussines, Power Personality dan Performance Barrier. Penulis sekarang sedang studi di Jurusan Psikologi. Buku yang sudah diterbitkan; “Belajar Menjadi bahagia dan Sukses Sejati, Penerapan Multiple Intelligence dalam Keluarga, Lembaga Pendidikan dan Bisnis” (Elexmedia Kompas Gramedia-2011, 304 halaman).

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Psikologi dan Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s