Memprediksi Tindakan dari Aktivitas Kerja Otak

Tindakan orang di masa depan dapat diprediksi dengan melihat aktivitas kerja otak manusia. Demikian dilaporkan oleh tim peneliti dari The Center for Brain and Mind di University of Western Ontario, Kanada. Sekelompok peneliti tersebut menciptakan pemindai otak yang mampu mengukur dan menentukan tindakan seseorang saat masih berada dalam pikiran alias sebelum dieksekusi. Dalam penelitian, mereka berfokus untuk memahami bagaimana otak bekerja merencanakan tindakan, pekerjaan tertentu. Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Neuroscience minggu ini. Hasil penelitian menemukan, sinyal-sinyal dari banyak bagian pada otak manusia bisa digunakan dalam memprediksi tindakan–mana yang diambil secara sukarela, dan mana yang digerakkan dengan suatu maksud atau perencanaan.

Jason Gallivan, penulis utama artikel di jurnal itu, mengatakan bahwa alat pemindai yang dipakai, yakni sebuah mesin functional magnetic resonance imaging (fMRI), ini telah selangkah lebih maju karena dianggap “membawa dunia nyata ke sebuah mesin pemindai otak.”

“Gambaran yang dihasilkan pemindai sangat membantu kami mengungkap apa yang terjadi di area otak manusia, tanpa perlu memasangkan alat-alat ke dalamnya. Jelas (cara) ini jauh lebih tidak intrusif,” imbuhnya. Menurut Gallivan juga, penemuan ini mempunyai implikasi penting secara klinis, karena sinyal otak yang terekam fMRI ini mengontrol pula berbagai sistem lain yang fungsional pada tubuh manusia. (Sumber: Science Daily)

http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/1426/memprediksi-tindakan-dari-aktivitas-kerja-otak

 

 

 

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Psikologi dan Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s