9 Peran Penting Dalam Sebuah Komunitas

Oleh : Hermawan Kartajaya (Pakar Marketing Asia)

Bagaimana cara agar sebuah komunitas dapat menjadi milik seluruh anggota? Seluruh anggota dalam sebuah komunitas adalah sama (merasa) penting. Karena itulah, beri mereka peran sebagai bentuk keterlibatan. Sembilan peran tersebut adalah :

  1. Pertama, pilih siapa yang mau menjadi mentor. Hampir selalu ada orang yang memang mampu atau merasa bahwa ia mampu mengajarkan sesuatu kepada orang lain sebagai bentuk pemuasan dan aktualisasi diri.
  2. Kedua, learner. Kebalikan dari fungsi mentor, jangan paksa semua orang untuk menggurui. Tapi, berilah mereka kesempatan untuk menjadi pembelajar.
  3. Ketiga, back-up. Menjadi seorang safety net bagi orang lain dengan cara mencoba sesuatu yang baru, yang tidak berani dilakukan oleh anggota komunitas lainnya.
  4. Keempat, mitra. Tugasnya antara lain melakukan encourage, share, dan memotivasi anggota lainnya. Fungsinya semacam humas/ PR dalam perusahaan yang bertugas untuk menetralisasi komentar negatif dari luar. Di era sosial media ini, sebuah komunitas/ brand harus mengangkat seseorang yang kredibel untuk jadi mitra yang siap pasang badan.
  5. Kelima, story teller. Sebuah karakter baru bisa ketahuan dalam sebuah cerita. Karakter itu merupakan sesuatu yang konsisten dalam jangka panjang. Karena itu, brand membutuhkan beberapa anggota komunitas sebagai pencerita (story teller). Maka dari itu, berilah kesempatan kepada mereka yang bisa melakukannya.
  6. Keenam, historian. Tugasnya adalah melestarikan kesan-kesan yang terjadi dalam suatu komunitas. Mirip seksi dokumentasi dalam suatu event.
  7. Ketujuh, menjadi hero yang sesungguhnya. Siapa yang mau dan mampu menjadi role model dalam komunitasnya? Dia harus benar-benar hard core supaya dapat menjadi panutan bagi anggota lainnya.
  8. Kedelapan, celebrity. Pelatih sepakbola seperti Jose Mourinho selalu jadi selebriti bagi komunitas klubnya.
  9. Terakhir, decision maker.inilah orang yang paling menentukan satu diantara berbagai pilihan dalam struktur dan fungsi di suatu komunitas. Komunitas penggemar Slank (Slankers) juga memfungsikan peran ini.

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Lain-lain. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s