DARI 12 PROFESI, GURU/PENDIDIK ADALAH PROFESI YANG PALING TIDAK DIINGINKAN???

Beyond happinessSebuah majalah berjudul Men’s Health memasang iklan pada situs webnya: “kami sedang mencari orang yang hidup sempurna tapi tidak bahagia. Jika anda mempunyai pekerjaan besar, rumah besar dengan perlengkapan mewah, tapi anda merasa tidak bahagia, dan sewaktu-waktu malah menderita, kami ingin mendengarnya dari anda”. Apa yang terjadi? ternyata majalah tersebut banyak sekali menerima respon yang cocok dengan iklan tersebut. Fenomena diatas saat ini dianggap sebagai sesuatu yang normal. Pearshall (2002) menyebut fenomena tersebut sebagai Dysthymia yaitu perasaan sedih yang kronis dan hilangnya energi kehidupan di tengah-tengah kehidupan sukses yang tampak bahagia.
Hasil penelitian yang dilakukan Smith (2007) menemukan bahwa banyak guru yang merasa tidak bahagia dalam hidupnya. Berdasarkan hasil survey terhadap DUA BELAS PROFESI yang dianggap paling bahagia, ternyata profesi guru tidak termasuk didalamnya. Pertanyaannya, apakah ketidak-bahagiaan ini disebabkan karena profesinya sebagai guru atau karena faktor lain?
Dalam penelitian lainnya terhadap guru-guru Malaysia (Nor ; 2004) menemukan hasil bahwa ternyata kepuasan guru terhadap profesinya berada pada kategori sedang, bahkan hampir mendekati rendah. Apakah itu juga tetap terjadi dinegara kita setelah adanya sertifikasi??????
Performa, kinerja dan sukses sebagai guru….harus diawali oleh sukses sebagai pribadi-pribadi. Dan sukses pribadi itu akan terlihat secara mencolok dari tingkat kepuasan hidupnya dan kebahagiaannya. Ada beberapa alat ukur tingkat kebahagiaan misalnya dengan Approach to Happiness Quostionnaire karya Chris Peterson, dll. Banyak penelitian tentang hubungan antara happiness dengan kinerja. Dalam hubungannya dengan sekolah, ada Istilah baru yang dikembangkan dari Psychology Positive, dengan kata Positive Education. Intinya: Happiness, emotion, gratitude (rasa syukur), evaluasi diri sehingga merasa positive dengan apapun dirinya, dst………….sangat significant dalam hubungannya dengan Sukses Sekolah, Pendidikan (baik terhadap gurunya ataupun siswanya).
Maka…..Sukseslah……..tapi jangan lupa apapun itu berbahagialah.
Mohon maaf pada teman-teman guru, dosen pendidikan, sekolah….karena dalam seminar sering disinggung, tapi bukunya belum terbit, mudah-mudahan akhir tahun ini (Nopember – Desember), buku SEKOLAH POSITIVE akan segera terbit (Noora-Books).
SEKALI LAGI: Pendidikan adalah upaya untuk menjadikan manusia sukses sekaligus bahagia…..maka untuk mempermudah meraihnya, lakukan yang merupakan kekhasan diri anda, focus ditempatnya dan maknai serta hubungkan itu dengan Entitas yang lebih besar.…… Apapun hasilnya.

Muhammad Alwi, S.Psi, MM

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s