BAGAIMANA HIDUP MENJADI LEBIH HIDUP (WAJIB DIBACA !!!)

MANEJEMEN DIRI, PRODUKTIVITAS, KEKHAWATIRAN DAN KESEDIHAN….

TUHAN : Kamu memanggilKu?

AKU       : Memanggilmu? Tidak… Ini siapa ya?

TUHAN  : Ini aku TUHAN. Aku mendengar doamu. Jadi Aku ingin berbincang-bincang denganmu.

AKU       : Ya, saya memang sering berdoa, hanya agar saya merasa lebih baik. Tapi sekarang saya sedang   sibuk, sangat sibuk.

TUHAN  : Sedang sibuk apa kamu? Semutpun juga sibuk.

AKU       : Tidak tahu ya. Yang pasti saya tidak punya waktu luang sedikitpun. Hidup jadi seperti diburu-buru. Setiap waktu telah menjadi waktu sibuk.

TUHAN : Benar sekali. AKTIVITAS memberimu kesibukan. Tapi PRODUKTIVITAS memberimu hasil. Aktivitas memakan waktu, produktivitas membebaskan waktu.

(Ini sangat menarik untuk dijelaskan….dengan aktivitas-aktivitas kita, maka kesibukan yang akan kita dapatkan, tetapi dengan produktivitas…..maka itu akan mengefisienkan waktu. Disini akan diperlukan 2 hal yaitu, skala prioritas dan bagaimana kita bekerja, efisiensi kerja. Dengan itu maka kesibukan kita akan menurun sebanding dengan hasil kerja-kerja kita.

AKU   : Saya mengerti itu. Tapi saya tetap tidak dapat menghindarinya. Sebenarnya, saya tidak mengharapkan Tuhan mengajakku chatting seperti ini..

TUHAN : Aku ingin MEMECAHKAN MASALAH-mu dengan WAKTU, dengan memberimu beberapa petunjuk. Di era Internet ini, Aku ingin menggunakan medium yang lebih nyaman untukmu  daripada mimpi misalnya.

AKU  : OKE, sekarang beritahu saya, mengapa hidup jadi begitu rumit?

TUHAN : Berhentilah menganalisa hidup. Jalani saja. Analisalah yang membuatnya jadi rumit.

(# Hidup ini memang biasa-biasa saja….yag membuatnya rumit adalah analisa, rencana, angan-angan, kekhawatiran dst)

AKU       : Kalau begitu mengapa kami manusia tidak pernah merasa senang?

TUHAN : Hari ini adalah Hari esok yang kamu khawatirkan kemarin. Kamu merasa khawatir karena kamu menganalisa. Merasa khawatir menjadi kebiasaanmu. Karena itulah kamu tidak pernah merasa senang.

(# Kita selalu merencanakan sesuatu, membuat planning…mempersiapkan yang akan datang, padahal belum jelas semuanya. Sehingga seringkali kita tidak mampu menikmati yang sekarang/hari ini. Saat kita mendapat rezeki, kita tabung, kita hemat, kita langsung berfikir kalau-kalau kedepan tidak mendapatkannya lagi. Sehingga harus hemat, harus disisihkan dst. Ini tidak salah…tetapi karena keseringan hidup menjadi rumit dan kita jarang menikmati yang sekarang (present). Selalu berfikir Past and Future.

Dalam Sebuah hadis dikatakan, Rasul saw, “ Wahai Abu Dhar, jangan menunda-nunda harapanmu, karena kamu hodip dengan hari ini dan bukan dengan esok. Jikapun masih ada hari esok untukmu, maka lakukan hari ini. Dan jikapun taka da hari esok untukmu, maka kamu tidak menyesal atas apa yang telah maksimal kamu kerjakan pada hari ini. (Munthakhob Mizanul Hikmah, No 3170).

AKU       : Tapi bagaimana mungkin Kita tidak khawatir jika Ada begitu banyak ketidakpastian.

TUHAN : KETIDAKPASTIAN itu tidak bisa dihindari. Tapi KEKHAWATIRAN adalah sebuah pilihan. (Berbeda antara ketidakpastian dan kekhawatiran. Ketidakpastian itu objektif, tetapi kekhawatiran itu subjektif. Gambaran otak kita yang membuat kita khawatir. Bukan keadaannya yang membuat kita sedih…tetapi gambaran akan kemungkinan-kemungkinan dari keadaan itulah yang membuat kita sedih.

AKU       : Tapi begitu banyak rasa sakit karena ketidakpastian.

TUHAN : RASA SAKIT tidak bisa dihindari, Tetapi PENDERITAAN adalah sebuah pilihan. (# Saat kita mendapatkan musibah, anak kita sakit atau meninggal. Atau kita terkena penyakit….maka rasa sakit itu jelas ada, tetapi penderitaan itu murni pilihan kita. Banyak orang yang anaknya terkena narkoba, atau suami-istri yang bercerai….mereka biasa-biasa saj, bukan tidak sakit/sedih. Tetapi penderitaan….itu tergantung bayangan-bayangan kita akan keadaan itu. Bila kita berfikir bagaimana saya kelak, bagaimana anak saya nanti, saya bukan orang tua yang baik, bagaimana masyarakat akan menilai saya, mencemooh dll…..maka penderitaanlah yang akan kita terima.

(# Tidak ada seorangpun yang mampu menaiki punggungmu kecuali engkau menunduk….anonymus). lihat lengkap disini https://pendidikanpositif.wordpress.com/2012/09/28/terapi-psikologi-untuk-diri-sendiri-bag-ii-habis/

AKU       : Jika penderitaan itu pilihan, mengapa orang baik selalu menderita?

TUHAN : Intan tidak dapat diasah tanpa gesekan. Emas tidak dapat dimurnikan tanpa api. Orang baik  tidak dapat melewati rintangan, tanpa menderita. Dengan pengalaman itu hidup mereka menjadi lebih baik, bukan sebaliknya. (# Kita perlu menderita, tetapi proporsional, kita boleh melakukan planning, mengantisipasi..tetapi itu mesti tidak sedemikian rupa sehingga memebihi realita yang seharusnya. Sehingga kita menjadi sakit, sedih, menderita, khawatir sepanjang waktu).

AKU       : Maksudnya pengalaman pahit itu berguna?

TUHAN : Ya. Dari segala sisi, pengalaman adalah guru yang keras. Guru pengalaman memberi ujian dulu,  baru pemahamannya. (# Pengalaman itu real, pengalaman itu bahkan tidak hanya mempengaruhi pikiran kita, tapi juga mental dan spiritual kita…Inilah hebatnya guru yang namanya pengalaman….mereka mengajar tidak dengan cara konvensional).

AKU       : Tetapi, mengapa kami harus melalui semua ujian itu? Mengapa kami tidak dapat hidup bebas  dari masalah?

TUHAN : Masalah adalah rintangan yang ditujukan untuk meningkatkan kekuatan mental. Kekuatan dari dalam diri bisa keluar melalui perjuangan dan rintangan, bukan dari berleha-leha.

MENGAPA ALLAH MENGUJI KITA lihat ini : http://www.khazanahalquran.com/berteman-dengan-cobaan-bag-2

AKU       : Sejujurnya, di tengah segala persoalan ini, kami tidak tahu kemana harus melangkah…

TUHAN : Jika kamu MELIHAT KELUAR, maka kamu tidak akan tahu kemana kamu melangkah. LIHATLAH KEDALAM. Melihat ke luar, kamu bermimpi. Melihat ke dalam, kamu terjaga. Mata memberimu penglihatan. Hati memberimu arah. (# Melihat keluar selalu banyak pilihan, banyak hal dan serba-serbi, tidak focus…bahkan seringkali membelokkan kita kesana-kemari tanpa jelas arah dan tujuannya. Atau minimal tujuannya sering berubah-uba. Bila kita melihat kedalam….maka pilihannya tidak cukup banyak, skala prioritas jelas dan bisa melakukan efisiensi dengan baik seperti diatas).

AKU       : Kadang-kadang ketidakberhasilan membuatku menderita. Apa yang dapat saya lakukan?

TUHAN : KEBERHASILAN adalah ukuran yang dibuat oleh orang lain. KEPUASAN adalah ukuran yang dibuat olehmu sendiri. Mengetahui tujuan perjalanan akan terasa lebih memuaskan daripada mengetahui bahwa kau sedang berjalan. Bekerjalah dengan kompas, biarkan orang lain berkejaran dengan waktu.

(# Dalam urusan Kemiskinan dan Kekayaan misalnya, Teks Tuhan jelas, “Dan Dia-lah yang memberikan KEKAYAAN dan KECUKUPAN.” (QS. 53:48). Disini tidak ada Kemiskinan, sebab kemiskinan itu adalah perbandingan…..Orang yang penghasilannya Rp. 25juta perbulan akan kaya dilihat orang yang dibawahnya, sementara akan menjadi miskin bila dilihat oleh para pengusaha-pengusaha dunia. Tinggi-Tendah, Besar-Kecil itu ada tidak objektif, itu hanya mind of picture (gambaran pikiran, konsep). Kita yang merasa syukur akan lebih kaya dibandingkan yang kaya tapi mersasa serba kekurangan).

Dengan target jelas…apalagi dengan kemampuan menikamati saat ini (present, syukur, puas), maka kita akan mudah mengukur keberhasilan kita. Ukuran keberhasilan adalah perbandingan antara Rencana dan Hasil (Pribadi). Bila kita merasa puas/syukur/menikmati present, saat ini. Maka walaupun kita membuat rencana-rencana, target-target pribadi. Itu tidak akan membebani kita, sebab itu sekadar ukuran supaya perjalanan jelas….Disinilah kepuasan akan sangan penting. Positive Gratitude. https://pendidikanpositif.wordpress.com/2013/10/30/rasa-syukur-garttude-positive-parasetamol-paradox-sifat-manusia/

AKU       : Di dalam saat-saat sulit, bagaimana saya bisa tetap termotivasi?

TUHAN : Selalulah melihat sudah berapa jauh kamu berjalan, daripada masih berapa jauh kamu harus berjalan. Selalu hitung yang harus kamu syukuri, jangan hitung apa yang tidak kamu peroleh.
(#Walaupun target sampai itu tetap ada dan harus ada…tetapi agar tidak menderita, frustasi, patah arang. Maka kita perlu bukan selalu membandingkan Rencana : Hasil. Panjang Jarak dan Perjalanan. Dimana itu pasti nilaianya kurang (= pesimis, rendah diri dst). Tetapi bila kita berfikir saya sudah ini dan itu, saya sudah melangkah ini dan itu….maka keceriaan, motivasi akan bangkit. Optimisme, percaya diri yang akan keluar.

AKU       : Apa yang menarik dari manusia?

TUHAN : Jika menderita, mereka bertanya “Mengapa harus aku?”. Jika mereka bahagia, tidak Ada yang pernah bertanya “Mengapa harus aku?”

AKU       : Kadangkala saya bertanya, siapa saya, mengapa saya di sini?

TUHAN : Jangan mencari siapa kamu, tapi tentukanlah ingin menjadi apa kamu. Berhentilah mencari mengapa saya di sini. Ciptakan tujuan itu. Hidup bukanlah proses pencarian, tapi sebuah proses penciptaan.

Mencari siapa saya akan sangat sulit…tetapi apa yang saya inginkan itu jelas, dan lebih mudah. Jangan bertanya mengapa saya disini, misalnya kita menjadi guru, pedagang, anak kita 5 dst….tetapi lakukan ciptakan hal-hal positif dengan tempat kita, kedudukan kita dan apapun kita. Karena seringkali hidup tidak seperti yang kita rencanakan.

AKU       : Bagaimana saya bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidup ini?

TUHAN : Hadapilah masa lalumu tanpa penyesalan. Peganglah saat ini dengan keyakinan. Siapkan masa depan tanpa rasa takut.

AKU       : Pertanyaan terakhir, Tuhan. Seringkali saya merasa doa-doaku tidak dijawab.

TUHAN : Tidak Ada DOA yang tidak dijawab. Seringkali jawabannya adalah TIDAK.

Manusia ingin semuanya, kadang baik kadang buruk untuk dirinya, kadang berpindah-pindah dari satu permintaan ke permintaan lainnya. Sehingga mustahil untuk dipenuhi semuanya….oleh karenanya tuhan pasti ‘mengabulkan’ (merespon) permintaannya. Dan responnya seringkali adalah penolakan/tidak.

AKU       : Terima kasih Tuhan atas chatting yang indah ini.

TUHAN : Oke. Teguhlah dalam iman, dan buanglah rasa takut. Hidup adalah misteri untuk dipecahkan, bukan masalah untuk diselesaikan. Percayalah padaKu. Hidup itu indah jika kamu tahu cara untuk hidup.

………TUHAN has signed out. Dan memberikan panduannya pada kita…lihatlah ini:

Ketahuilah ayat ayat ini sehingga banyak hal menjadi ringan buat kita. Hidup ini indah, kalau kita tahu caranya untuk Hidup yang lebih Hidup.

  • Ketika kita sudah putus asa, tidak yakin, maka lihatlah ayat ini: “Jika AKU menghendaki, cukup Ku berkata Jadi”, maka jadilah (QS. Yasin ; 82).
  • Ketika kita merasa penderitaan sudah tidak tertahankan, maka lihatlah ini : “AKU tidak membebani seseorang, melainkan sesuai kesanggupan.” (QS. Al-Baqarah : 286).
  • Jika kita bingung, sedih, galau, sumpek…….lihatlah ini : “Hanya dengan mengingatku hati akan menjadi tenang”. (QS. Ar-Ra’d :28).
  • Jika rencana kita berantakan, kita tidak mendapatkan hasil cukup, merasa sia-sia, lihatlah ini: ”Siapa yg mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan melihat balasannya”. (QS. Al-Zalzalah :7)
  • Jika kita kebingungan, perlu bantuan, maka lihatlah ini : “Berdoalah (mintalah) kepadaKU, niscaya Aku kabulkan untukmu”. (QS. Al-Mukmin :60)
  • Jika kita merasa ditinggal sendiri, tidak punya teman, pembela, lihatlah ini : “La Tahzan,..Innallaha Ma’ana… Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita:. (QS. At-Taubah :40)
  • Ketika mengalami berbagaimacam cobaan, rintangan, penderitaan, lihatlah ini : “sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al-Insyirah;6-7)
  • segeralah kembali kepadaNya..

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

