DESCARTES’ ERROR, SPIRITUAL DAN NEUROSAIN : Pertanyaan-Pertanyaan Mendasar?

Hubungan Ilmu/Pengetahuan, Moral, Keyakinan/Iman dan Neurosain, Kerja-Kerja Otak.

Descartes ErrorApa itu Ilmu/Pengetahuan? Apa itu Moral dan Apa itu Keyakinan bahkan Iman? Bagaimana ke 3 hal ini didapatkan oleh manusia? Bagaimana prosesnya, Perkembangannya, tahapan-tahapan masuk dalam otak/pikiran dst. Lalu apakah mungkin itu direkayasa dan bagaimana kita mengintervensinya? Bagaimana ke 3 hal ini berhubungan dengan strategi Otak Manusia dalam menerimanya, mengubahnya, menyimpannya? Dan bagaimana itu semua berhubungannya dengan persepsi, memori, penyakit otak? Dimana lokus-lokus otak untuk penyimpanan itu semua atau dimana letak masing-masing itu? Adakah wilayah-wilayah tertentu dalam menyimpang hal tersebut dan apakah diwilayah yang lain tidak ada?

Mengapa ada orang sakit moral tetapi tidak sakit ilmu? Seperti kasus Phineas Gagne dll. Dalam penelitian Antonio Damasio. Seseorang mengalami kemerosotan moral, tetapi dalam test kecerdasan, hampir semua test Kepribadian, test Intelligence normal. Moralitasnya hancur lebur tetapi Kecerdasan tetap. Apakah juga ada manusia sakit dalam hal kecerdasan tetapi tidak sakit moral/Keyakinan nya?

Apakah semua itu berhubungan dengan genetik, atau hanya pendidikan awal atau lingkungan? Lalu bagaimana itu semua berhubungan dengan Kehendak-Bebas?

Apakah benar bahwa pusat Iman/Keyakinan dan Moral itu ada di Hati/Qalb? Bukan di Otak/Kepala? Bagaimana perbedaan antara Hadist-hadist dan temuan-temuan ilmiah sekarang. Dimana neurosain sekarang seakan mengatakan bahwa semua perintah dan penyimpanan ketiga hal diatas, baik Tindakan, Ilmu, Moral dan Keyakinan ada di otak/Kepala???

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s