INDONESIANISASI-ILMU DAN PRAKTEK PENDIDIKAN Mungkinkah???

Ki Hajar DewantaraBanyak Konsep dan Teori yang berkembang dan diterima oleh banyak pihak bukanlah teori yang terbaik/terbenar secara Ilmiah. Banyak teori yang baik harus menunggu waktu untuk kelengkapannya sementara…teori yang aplicable kadang menemukan moment-moment…..pelaksanaannya.
Ini diskusi panjang antara Epistemplogi Kebenaran dan Sosiologi Pengetahuan..
Ambil saja contoh: Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Konsep ini lebih pas untuk Indonesia…..tetapi siapa yang mengelaborasinya, siapa yang mem-breakdown sehingga menjadi konsep yang kokoh.
Pendidik lebih kenal konsep Kontruktivisme, CTL, Colaborative Learning, Vitgosky, Piaget…dll. Daripada konsep Ki. Hajar Dewantara. Mengapa?
Dari konsep lintas-budaya, dari konsep ilmu itu tidak bebas nilai, dari tinjauan sosiologi-pengetahuan dll. Maka teori-teori itu khas barat (Bukan berarti harus salah). Artinya memiih konsep pendidikan indogeies (ke-Indonesiaan) adalah sangat penting.
Sebagai contoh : Dalam buku David Matsumoto, yang bicara “Psychology From Culture Perpektive”, dikatakan bahwa, buku-buku Teks Psikologi rata-rata peneltiannya, kuesioner yang di pakai dan diedarkan adalah diisi oleh mahasiswa dikampus-kampus dimana profesor-profesor itu mengajar. Bahkan salah satu Ilmuwan besar psikologi mengataan. Mahasiswa itu seperti kelinci percobaan, gampang di dapat dan murah (Untuk test, mengisi kuesioner, wwancara dl).
Ki Hadjar Dewantara BukuDi Indonesia saat-saat kita kuliah, kita jarang mendapatkan isian-isian kuesioner, dst. Ada 2 kemungkinan. Pertama kita tidak dijadikan kelinci percobaan atau Dosennya tidak ada yang melakukan penelitian (He…..he….he…. Sepertinya yang no 2 lebih pas).
Dari Penjelasn diatas kita bisa mengartikan. Ada Bias penelitian-penelitian itu dimana diisi oleh kelas menengah/Mahasiswa, Eropa-AS, dll sangat memungkinkan. Yang berarti hasil temuan-temuannya bisa jadi akan berbeda atau tidak jalan bila diupayakan generalisasinya kedalam dunia ke-3 apalagi ke-4. Disini tidak mesti teori-teori itu salah. tetapi bias itu pasti.Artinya apa? Indonesianisasi sangat-sangat diperlukan.
Yang agak lebih aneh??? Pemerintahpun yang konon senang Indonesianisasi…………Tidak mencoba mendorong dengan kuat, Indonesianisasi teori-teori dan konsep-konsep pendidikan tersebut.
TANYA KEMANA….TANYA KENAPA?????

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s