Landasn Ideologi Ekstrimisme Radikalisme

RADIKAL IDEOLOGIS DAN RADIKAL HARAKI (Wahabi-Salafi-Takfiri Indonesia)

Wahabi

al_quran

Alquran adalah Pasti : Tetapi semua Ulama/Madzab ingin menggapainya. Yang dilarang adalah mengklaim dialah yang mempu menggapai (yang lain tidak/salah , sesat, bid’ah, syirik bahkan Kafir).

Sekarang ramai dibicarakan orang tentang WAHABI-SALAFI dan TAKFIRI. Apa sebenarnya mereka ITU? Bagaimana hubungan antara ketiganya (Wahabi-Salafi-Takfiri)? Ini adalah tulisan yang sangat singkat, yang mencoba menghubungkan ketika term WAHABI-SALAFI-TAKFIRI.

Wahabi adalah ajaran yang dibawa oleh Muhammad bin Abdul Wahab. Dinama ajaran-ajaran ini berkolaborasi dengan pemerintahan Saudi-Arabia sampai sekarang ini. Karena sejarahnya yang kelam, karena timbulnya ajaran ini sangat berdarah-darah, maka mereka sendiri enggan disebut sebagai Wahabi. Inti ajarannya adalah percampuran antara ajaran Imam ibn Hambali (termasuk imam 4 Ahl-Sunnah wal Jamaah), Ibn Taymiyyah dan Muhammad bin Abdul Wahab sendiri.

Inti ajaran yang menonjol adalah mereka melakukan purifikasi (pemurnian agama). Sebab menurut mereka Islam sudah bercampur dengan Bid’ah, Syirik dst…sehingga Islam perlu dimurnikan kembali. Orang-orang Islam perlu di Islam-kan kembali. Disinilah banyak, kalau tidak boleh mengatakan mayoritas mereka berdakwah terhadap sesama muslim, bahkan berperang dengan sesama Muslim, karena bertujuan memurnikan dan menganggap banyak kaum muslimin pelaku Bid’ah.

Kata mereka Ummat Islam adalah Ahli Bid’ah dan sesat, kafir dst, sehingga mereka perlu di-Islamkan lagi, didakwahi bahkan diperangi (dibunuh). Buku Muhammad bin Abdul Wahbb, Kafsyu al Subhat sangat memperlihatkan itu. (Lihat ini secara detail: terjemahan dan komentar buku itu, https://abusalafy.wordpress.com/2008/06/16/judul-judul-serial-%E2%80%9Ckitab-kasyfu-asy-syubuhat-doktrin-takfir-wahhabi-paling-ganas-secara-berurutan/).

isis jIBRIL 1

Saat Demo-demo dan acara lain…Banyak Bendera ISIS digunakan

Lalu mungkin kita akan bertanya, mengapa mereka bisa berkembang pesat di beberapa negara dan termasuk di Negera Kita? Jawabnya ada dua hal minimal yang menyebabkan mereka bisa melenggang seperti sekarang ini. 1) Mereka mengatas namakan pemurnian Islam (purifikasi), agenda ini banyak kesamaan di Islam Indonesia, seperti Muhammadiyah, PKS, Persis, dll. Sehingga mereka berkelindan didalamnya. Walaupun agak berbeda Muhammadiyah dengan Wahabi, PKS dengan Wahabi, tingkat isu-isu dan ektrimitasnya. Ide pemurniannya sama, tetapi yang lainnya sanga berbeda.

Kedua (2) mereka mengatas-namakan Ahl-Sunnah wal Jamaah, padahal aqidah mereka mengkafirkan para pengikut Ahl-Sunnah, Asyariyyah, dll. Tetapi karena mereka menyembunyikan aqidah-aqidah itu (mirip Taqiyyah model Syiah), mereka berhasil masuk didalam Ahl-Sunnah.

3) Mereka (Wahabi) adalah penguasa Haramain (Mekkah-Madina), sehingga ummat seakan menganggap mereka adalah simbol Islam, pemegang ajaran Islam dst. Disamping yang ke, 4) Permainan dan dakwah mereka dikampus. Dimana rata-rata adalah masih murni, dan sebagian besar cenderung awam secara agama. Sehingga jangan heran. Dikampus-kampus PTN-lah mereka banyak berkembang, tetapi bukan di IAIN (dewasa ini di IAIN pun mereka mulai bercokol). 5) Pendanaan dan kekayaan finansial Saudi (Negara Wahabi). Dengan beaiswa, pengiriman guru-guru, Buku-buku, al Qur’an, Pembangunan masjid dll, membuat mereka cukup diapresiasi dan mampu berkembang. Dan terakhir, 6) Islam maenstrem NU dan Muhammadiyah banyak kehilangan elan-vitalnya, sehingga kaderisasinya cenderung ‘mandek’. Sehingga para pemudanya mencari tambatan untuk idelisme Islamnya ditempat lain.

Salafi

isis pksKarena bau tidak sedap nama Wahabi (Bisa di Googling sangat banyak cerita itu, dan bisa dibaca di buku Syaikh Idahram, dll) mereka tidak ingin disebut Wahabi, sehingga mereka bermetamorfosis dengan memberi nama gerakannya dengan nama SALAFI. Semua madzab dalam Islam, senang dengan nama Salafi ini (inilah pengkelabuan mereka). Disebagian tempat mereka bermetamorfosis menjadi Ikhwanul Muslimin.

Nama-nama yang mereka pakai adalah nama-nama yang secara umum disenangi, bahkan diminati didunia khususnya ahl-Sunnah wal Jamaah. Inilah cara-cara mereka masuk, sehingga dakwahnya tidak banyak diketahui dan melenggang dengan sukses.

Mereka berdakwah dengan mengajak sholat, mengaji, puasa, bagi-bagi al Qur’an (Saudi Arabia) dll. Dan yang paling penting adalah memurnikan aqidah (Tauhid). Mereka disenangi banyak orang, utamanya yang awam dengan nilai-nilai agama. Sebab awam tidak tahu bahwa ajakan sholat itu adalah sholat cara mereka dan cara lain adalah salah, cara lain adalah bid’ah, cara lain adalah sesat bahkan kafir. Tetapi bagi awam, mereka tidak tau atau tidak mau tahu tentang ini. Yang penting ajakannya adalah sholat, ajakannya adalah membaca al qur’an maka itu baik (lihatlah : bagaimana MTA, majlis-tafsir al Qur’an bentrok dengan Anshor-NU di Gresik. Link: http://www.muslimedianews.com/2013/12/gp-ansor-gresik-siap-melawan-majelis.html).

Mereka selalu berpedoman dengan satu dua ayat dan hadist, untuk meyakinkan ummat. Awam karena memang pengetahuannya lemah, mudah yakin dengan satu, dua ayat dan hdist. Padahal pemaknaannya tidak seperti itu, dan banyak hadist lain yang tidak atau berbeda dengan itu. Bagaimana mereka Mengkafirkan, membid’ahkan kelompok yang lain, Ahl Sunnah wal Jamaah. Lihatlah link-link ini, ada video-nya : https://www.facebook.com/photo.php?v=4463571426790.

Takfiri

Karena ajaran dari sana-nya berawal dari membid’ahkan, mensesat-kan, mengkafirkan orang lain (dengan tujuan awal katanya : pemurnian Islam). Maka mereka dan kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan mereka gampang sekali mengkafirkan orang, membid’ah-kan kelompok lain, mensesat-kan kelompok lain dst.

Dengan alasan pemurnian tauhid, bahkan Ibn Wahab, mengatakan ummat Islam kebanyakan tidak mengerti makna Tauhid dst. Karena urusannya dengan Tauhid-Syirik dan Bid’ah. Maka faham ini gampang mengkafirkan (Takfiri). Dan karena urusannya adalah kafir, sesat, bid’ah, dholal dll, maka konsekuensinya madzab ini rawan konflik, rawan untuk bentrok dengan yang lainnya. Dan bila ini tensi-nya dinaikkan sedikit, maka membunuh, melakukan bom bunuh diri, melakukan terror, mencuri atas nama mereka kaum kafir, dar-harb (daerah perang) dll sangat-sangat mudah.  Lihatlah link-link ini : http://www.youtube.com/watch?v=U9nnCKLg4EE&list=UUfh4uX3Gf5Rdp5MXeWjRsFw. Bagaimana para pelaku bom, teroris, perampok menggunakan pembenaran, bahwa musuhnya adalah kafir, musushnya adalah thogut dst. Sehingga boleh dibunuh, boleh ditawan, dirampok dst-dst.

Fenomena dari Takfiri ke Terorisme

Islam NusantaraGeopolitik Timur Tengan (Permainan yang diulang)

ISIS (Islamic State Iran and Syuria) itu keluar saat terjadi konflik di Syuria. Antara Pemerintah (Bashar Assad, yang Syiah Alawi) dan Oposisi. Basyar Asad yang Syiah (konon juga dikatakan Sunny) dijadikan Simbol, bahwa perang ini (yang aslinya perang antara opoisis dan pemerintah bashar Assad) adalah perang Sunnah-Syiah, Jihad, dst. Disebarlah data-data, gambar dst, yang sebagian dengan kebohongan-kebohongan yang mencolok dan rekayasa untuk memotivasi semangat itu. Untuk bukti-bukti itu, Lihatlah situs-situs HTI (Resmi), situs-situs PKS (Resmi, dengan nama PKS Piyungan, PKS ini dan itu), juga situs Wahabi-Salafi-Takfiri lainnya (VOA-ISLAM, Arrahmah.com, Dakwatuna, dan underbownya).

Padahal kalau kita mau melihat realitanya, peperangan itu tidak seperti yang digambarkan. Realita Statistic, memang Syuria itu pemerintahannya adalah Syiah (80% Sunnah, 20% Syiah). Tapi Mentri luar negeri, mentri-mentri lainnya kebanyakan Sunny. Kita juga bisa lihat di Iraq (Pemerintahan Sunnah, Saddam, 65% Syiah, dan 35% Sunnah). Karena info dan provokasi kasus peperangan itu, Keluarlah sukarelawan, demo, penggalangan dana dan Jihadist Indonesia kesana (Indonesia dikabarkan 50 orang lebih yang ikut  berjihad disana dan meninggal dunia).

SIAPA YANG TERLIBAT PEPERANGAN INI

Peperangan di Syuria, Peperangan ini siapa yang akan terlibat? Seandainya dunia lain tidak ikut-ikutan, kasus dalam negeri syuria itu, maka kasus itu akan selesai dengan cepat. Sebab pada dasarnya yang pro Pemerintah (Bashar Assad) lebih banyak daripada yang pro-oposisi. Tapi sayang ada agenda bersama antara Saudi-Qatar yang sangat membenci Syiah dan Syuria (yang sangat dekat dengan Iran). Dan AS-Israel yang punya kepentingan melemahkan Syuria-Iran, demi kepentingan dia di Timur-Tengah (jalur minyak dan jual senjata), Disamping permusuhannya secara umum dengan Islam.

Ini sama persis seperti kasus di Afghanistan, dimana pemerintah (Pro-Soviet) bertempur dengan oposisi (yang Pro AS). AS menciptakan gerilyawan, mendanainya, memberikan pelatihan dst. Disinilah keluar Nama pahlawan jihadist, Oesama bin Laden, dengan Al Qaeda-nya. Keluarlah alumni-alumninya di Indonesia (Iman Samudra, Amrozi, Abu Jibril, dan para ektrimis, terorris lainnya, dll).

Di Syuria juga dibuat seperti itu. Dibuatlah FSA, ISIS, sisa dari al Qaeda dst. Dan ini didanai secara terang-terangan oleh Saudi dan Qatar. Dengan bantuan AS juga Israel (data sangat banyak, bisa dilihat link-linknya). http://www.ibtimes.co.uk/republic-senator-rand-paul-accuses-us-arming-isis-terrorists-1453714.

Dan sekali lagi, sama persis, juga seperti kasus Afghanistan tempo dulu. Bagi aktivis mahasiswa Islam, akhir tahun 80an, akan tahu persis ini. Maka kasus Syuria juga diekspor ke dunia lainnya. untuk menemukan anggota, semangat, dana dan jaringan lainnya. Di Indonesia ada demo, ada road show, ada penggalangan dana dan sukarelawan ke Syuria. Sekali lagi sama persis dengan kasus Afghanistan. Methode, Strategi, kelompok yang terlibat dst. Kalau dulu yang terlibat adalah para tarbiyah, halaqah-halaqah dikampus-kampus. Yang akhirnya menjadi KAMMI, PKS dan HTI. Maka sekarangpun sama.

SIAPA YANG MEMBESARKAN ISIS DI INDONESIA??

ISIS siapa yang dukung

Contoh : Lihatlah Disain, Warna, Background dan Bendera ISIS.

Siapa yang secara serempak dan sukarena mendukung dan membesarkan ISIS dan Perjuangan Syuria?? Mereka adalah Wahabi-Salafi-Takfiri (Baik yang terorganisir, serta kelompok lain yang tidak terorganisasi lain yang tertarik dengan mereka. Karena ada agenda yang sama). Target mereka biasanya adalah: 1). Mendukung Perjuangan, Semangat Syahid, dan Harakah mereka. Karena mereka punya ide-ide semacam itu. 2) Mencari dukungan dana, untuk Syuria dan juga untuk organisasinya. 3) Menebarkan kebencian terhadap Syiah (Karena klaim mereka ini perang Sunnah-Syiah. Ini agenda langsung buat Saudi, sebagai sponsor, karena kebenciannya pada Iran. Dan agenda AS-Israel, untuk melemahkan Islam di Timur-Tengah), juga agenda kelompok-kelompok lain di Indonesia. 3) Rekruitmen Anggota. Demi membesarkan partai/halaqahnya (dengan mendapat simpati masyarakat). Ini biasanya dilakukan oleh Wahabi-Salafi-takfiri yang cukup terorganisasi (seperti PKS dan HTI). Kita bisa lihat bagaimana para aktivis di kedua organisasi itu ( baik PKS dan HTI, MMI), foto-foto atau video saat Road Show Bumi-Syam (Syuria), Foto-Video saat ISIS deklarasi, saat mereka demo dibundaran HI, dll. Bahkan diskusi-diskusi mereka di internal mereka, dimana karena kekacauan informasi antara FSA dan ISIS. Tetapi mereka sepakat melihat ISIS yang harus didukung daripada FSA, Jabha-Nusra, dst. http://shoutussalam.com/2014/03/komandan-al-qaeda-yaman-kagum-melihat-besarnya-dukungan-umat-islam-indonesia-untuk-isis/

MENGAPA MEREKA CENDERUNG RADIKAL/EKSTREM??

Dalam ektrimisme dan radikalisme (Yang sudah dijelaskan diatas. Diawali oleh ideologi takfiri, lalu mengkafirkan, mensesatkan, mengsyirikkan dst), bisa kita bedakan menjadi 2, yaitu; a) Radikal secara Ideologi, b) Radikal Haraki (gerakan). a) Kelompok yang radikal secara ideologi itu biasanya mereka yang menginginkan negara Islam., memurnikan ajaran dst. Lalu mereka akan mengatakan sesuatu yang tidak sesuai syariat maka, mereka akan fasiq, munafik, bahkan kufur dst. Banyak ulama Indonesia yang berideologi ini. Tetapi mereka tidak meneruskan radikalisme itu dalam practis tindakan. Baik mungkin karena tidak punya kesempatan, keberanian, terlatih, terstruktur atau sarana lainnya. Radikal Ideologi semacam ini bisa memasuki semua orang, madzab, bila cara berfikir mereka kurang heterogen dan luas (Cognitive Complexity). Walaupun ada ideiologi yang secara ajaran memang cederung takfiri. B) Radikal secara Haraki. Ini biasanya mereka menginginkan sesuatu (Negara Islam, Keadilan dst), tetapi secara ideologi, diskusi ilmiah mereka tidak cukup intent. Tetapi keberanian, kesempatan, semangat, terlatih, mereka miliki. Ini biasanya para praktisi jihad, alumni Afghanistan dll. Contoh ini bisa kita lihat para terorisme di Indonesia (Bom Bali 1, 2 dst).

BAGAIMANA DENGAN FENOMENA ISIS DI INDONESIA???

Hal-hal Radikal dari pengalaman konflik, semangat perang di medan tempur seperti Afghanistan dan Syuria, itu masuk secara umum di Indonesia. Seperti yang saya katakan diatas. Aktivis Tarbiyah, Halaqah, MMI, PKS dan HTI (sebagian). Sebab secara Ideologi mereka SAMA. Hanya yang satu masih wacana, sementara lainnya praktisi (jihad). PKS dan HTI sudah memberikan landasan ideologi, semangat dan lain-lainnya, untuk hal-hal yang berbau Ektrim. Mengapa saya katakana seperti itu? Ada beberapa alasannya yaitu; 1) Mereka menginginkan Negara Islam dan pemurnian agama, 2) Paling mudah adalah melihat fenomena pujian Anis-Matta (Presiden PKS) terhadap Oesama Bin Laden (Tokoh Ektrism, Keras, Wahabi). Bagaimana para aktivis HTI mengatakan negara ini Tgohut, Kafir dst.

Sehingga jangan heran, aktivis MMI, PKS dan HTI-lah yang paling mesra merangkul Ideologi ISIS ini. Sebagian Mereka memang belum siap dengan haraki-nya, walaupun sebagiannya sudah. Apalagi dengan PKS-Resminya (yang sudah menjadi partai, sehingga tidak mungkin berlaku keras). Tetapi dukungan ideologi yang sama itu membuat aktivisnya sangat antusias menerima ISIS di Indonesia.

Fenomena PKS lebih membawurkan kejelasan-kejelasan itu. Inilah 2 ranah kepentingan mereka (PKS). 1) Menyebarkan Idologi Wahabi-Salafi-Takfiri, 2) Mendapatkan Kekuasaan.

Pertama, Demi mendapatkan kekuasaan, maka mereka harus bersikap pluralis. Lihat saja bagaimana mereka mengatakan PKS bukan Wahabi, PKS dan tahlilan, PKS dan Maulid Nabi saw, PKS dan Ziarah Kubur dst (Dalam Situs resmi-nya). Tapi disitus yang sama mereka menggunakan fatwa Ibn Basz (Tokoh ulama sentra Wahabi Saudi), Ibn Utaimin dan Al Bani, dst.

Bagaimana mereka harus merangkul caleg Hindu di Bali, dst. Disini mereka tidak menampakkan dirinya. Dan masyarakat secara umum banyak simpatik kepadanya. Ditempat-tempat tertentu mereka mengucapkan selamat dengan spanduk besar, adanya Haul Ulama tertentu dst.

Kedua, Demi menyebarkan Ideologi, mereka membangun jaringan pendidikan (SD-IT, SMP-IT dst, dimana ideologinya adalah Wahabi). Jaringan Mubaligh, pengkaderan di kampus-kampus. Dan mereka menyingkirkan yang tidak sejalan (seperti, Berbau Syiah, Liberal atau NU, bahkan Muhammadiyah). Lihatlah perseteruan mereka dengan Islam Liberal dan Syiah, Lihatlah kegeraman NU karena masjid-masjidnya diambil, lihatlah kegeraman Muhammadiyah karena kader-nya dan propertinya banyak diambil dan dieksploitasi oleh PKS dan HTI.

PENUTUP

Akhirnya saya ingin mengatakan bahwa, Idiologi Wahabi-Salafi-takfiri (baik itu teroganisis secara rapi atau tidak, besar atau kecil) adalah Organisasi dan Ideologi yang memberikan landasan para pengikutnya untuk bertindak Ektrem/Radikal. Baik itu Radikal Ideologi atau Radikal Haraki (Praktis). Karena mereka itu sekarang terhubung dan dapat informasi, motivasi dll, baik dari media, ceramah dan sebagian aktivisnya sendiri mantan Jihadist. maka organisasi-organisasi itu cenderung untuk melakukan hal-hal yang radikal. Penerimaannya terhadap ISIS dengan genggap gempita, Mengatakan Negara ini Kafir, Pujian terhadap Oesamah (sangat banyak). Adalah sebuah Indikasi semestinya negara ini mewaspadai organisasi-organisasi itu.

Dalam hal penanggulangan radikalisme, ektrimisme dan terrorisme, maka, “Jangan hanya membunuh nyamuk saat mengganggu kita, tetapi kita membiarkan sarang-sarang nyamuk dan air tergenang, karena itulah  tempat berkembanya mereka.”

Wallahu a’lam bi al Shawab.

 

Link-link :

Tentang Kekejaman dan Kelakuan Islam Garis Keras ISIS. Yang anehnya banyak didukung oleh kelompok Islam garis keras di Indonesia

http://syriaonline.sy/?f=Details&pageid=11020&catid=24. …Abu Bakar Al Bagdadi Pernah dilatih Mossad,

http://syriaonline.sy/?f=Details&pageid=11020&catid=24

http://www.ibtimes.co.uk/republic-senator-rand-paul-accuses-us-arming-isis-terrorists-1453714 (RAND PAUL American Republican Senator, mengatakan….ISIS dilatih AS).

http://bicarasalafy.wordpress.com/2009/02/01/ulama-wahabi-berfatwa-haram-demo-anti-israel-dan-dukung-palestina/

Link-link Kekejaman ISIS (Jabha-Nusra dst).

  1. Membongkar makam sahabat Nabi saw

http://nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,45-id,44279-lang,id-c,internasional-t,Al+Azhar+Kutuk+Aksi+Penghancuran+Makam+Sahabat+Hujr-.phpx

  1. Membedah dadah dan Memakan Jantung Mayat

http://www.youtube.com/watch?v=F3z5HTwqq-Y

  1. melemparkan manusia hidup-hidup dari atas apartemen

http://www.youtube.com/watch?v=aGTnhyKbyAQ

  1. Menyembelih bocah-bocah tak berdosa

http://www.washingtonpost.com/blogs/worldviews/wp/2013/06/11/report-syrian-rebels-executed-a-14-year-old-boy-for-insulting-islam/

http://berita.plasa.msn.com/internasional/antara/lsm-warga-suriah-protes-eksekusi-anak-oleh-ekstremis

  1. ISIS/Daisy Menyembelih Pemuda Suriah

http://www.youtube.com/watch?v=UBb0p4PRoUk

  1. Ar’ur mengancam akan mencincang daging kaum Alawiyin dan menjadikannya sebagai makanan anjing…!!

youtube=http://www.youtube.com/watch?v=WbkDiWZh2fI

  1. Jabhat Nushrah Meng-eksekusi 3 orang Saudi yang berperang di pihak Daisy (ISIS)

youtube=http://www.youtube.com/watch?v=f8qOMwRwC98

8) Al Qaeda dengan biadab membakar hidup-hidup 3 orang kurdi Irak, Sumber dan keterangan perihal pelaku kebiadaban ini silahkan buka link dibawah ini: http://www.alhadathnews.net/archives/93212

Link :

link video diatas: youtube=http://www.youtube.com/watch?v=BwqyIcZmD9

9) Kekejaman ISIS Membantai Supir Truk (penduduk Sipil) setelah gagal menjalani tes tentang berapa raka’at sholat Subuh!

Link video diatas: youtube=http://www.youtube.com/watch?v=oKRrLnESvK

Link :

ISIS didukung oleh AS…..ini diucapkan oleh Senator AS sendiri. dan didanai oleh SAUDI dan QATAR???

http://www.ibtimes.co.uk/republic-senator-rand-paul-accuses-us-arming-isis-terrorists-1453714

http://shoutussalam.com/2014/03/komandan-al-qaeda-yaman-kagum-melihat-besarnya-dukungan-umat-islam-indonesia-untuk-isis/

Diambil dari beberapa Sumber, FB, Twitter, dan diolah dengan Izin.

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s