Dalam Sekolah dan Lembaga Pendidikan, 2 dua faktor utama keberhasilannya yaitu bagaimana Gurun-ya dan bagaimana Siswa-nya.
- Guru memahami konsep inti dari pendidikan, bahan dan alat pembelajaran, disiplin serta mampu menciptakan pengalaman belajar yang menjadikan materi pelajaran menjadi bermakna bagi siswa.
- Guru memahami bagaimana anak-anak belajar dan berkembang dan dapat memberikan kesempatan belajar yang mendukung perkembangan intelektual, sosial, dan pribadi mereka.
- Guru memahami bagaimana siswa berbeda dalam pendekatan mereka untuk belajar dan menciptakan peluang pengajaran yang disesuaikan dengan beragam pelajar.
- Guru memahami dan menggunakan berbagai strategi pengajaran untuk mendorong pengembangan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan kinerja siswa.
- Guru menggunakan pemahaman tentang motivasi dan perilaku individu dan kelompok untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendorong interaksi sosial yang positif, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan motivasi diri.
- Guru menggunakan pengetahuan tentang teknik komunikasi verbal, nonverbal, dan media yang efektif untuk mendorong eksplorasi aktif, kolaborasi, dan interaksi yang mendukung di kelas.
- Guru merencanakan pengajaran berdasarkan pengetahuan materi pelajaran, siswa, masyarakat, dan tujuan kurikulum.
- Guru memahami dan menggunakan strategi penilaian formal dan informal untuk mengevaluasi dan memastikan perkembangan intelektual dan sosial yang berkelanjutan dari pelajar.
- Guru adalah praktisi reflektif yang terus-menerus mengevaluasi efek dari pilihan dan tindakannya terhadap orang lain (siswa, orang tua, dan profesional lain di komunitas pembelajaran) dan yang secara aktif mencari peluang untuk tumbuh secara profesional
- Guru membina hubungan dengan kolega sekolah, orang tua, dan lembaga di komunitas yang lebih besar untuk mendukung pembelajaran dan kesejahteraan siswa.
Lihat yang lain tentang Guru : Fungsi Guru, Kafir dalam Pendidikan Sebuah Refleksi