Negara Tidak Butuh Banyak Sarjana

Bagaimana Pendidikan Kita?: Anak-anak Swiss sejak SMP telah diarahkan Pendidikannya. Sejak kelas IX atau setara dengan kelas III SMP, siswa dijuruskan ke dalam dua jenis sekolah, yaitu Sekolah Gimnasium. Di sekolah itu para siswa disiapkan untuk melanjutkan ke sistem pendidikan yang lebih tinggi/universitas dan Sekolah Sekunder, yang dipersiapkan untuk melanjutkan ke sekolah kejuruan. Ini sangat penting sebab sebenarnya sebuah negara menjadi maju tidak butuh banyak sarjana?

Mestinya ada rumusan semacam ini yaitu; 20% lulusan SD ke SMP sisanya ke semacam Sekolah kejuruan tingkat dasar (ST). 20% dari anak anak di SMP boleh masuk ke SMU/SMA. Sisanya ke SMK atau Keahlan khusus lainnya. Dari 20% anak-anak SMA itulah yang akan mengisi Perguruan Tinggi (PT), dengan tugas akhir dibagi menjadi 2 yaitu Skripsi (anak=anak yang akan terus ke Magister) dan Non-Skripsi (anak-anak yang cenderung tidak meneruskan).

Sebab Negara tidak banyak butuh “Pemikir-Konsepsional” tetapi lebih dibutuhkan keahlian-keahlian khusus yang sangat-sangat banyak bidang garapnya. ‘Intelektual’ tidak butuh banyak tetapi tenaga ber keahlian inilah yang dibutuhkan untuk jalannya dan bergeraknya sebuah Negara.

 

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Psikologi dan Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s